Sabtu, 11 Maret 2017

GAME

Judul/Bab           : Game (TUGAS)
Nama                 : Lutfianto Triatmojo
NPM                 : 56414183
Kelas                 : 3IA21
Mata Kuliah       : Softskill - Pengantar Teknologi Game
Nama Dosen      : Syefani Rachma Deski

GAME

Image result for game


PENDAHULUAN
Konsep Game
Unsur terpenting dalam sebuah game merupakan konsep dasar dalam sebuah game, dimana terlebih dahulu kita menyusun dasar - dasar dalam membuat game. Unsur - unsur dasar tersebut terdiri dari, genre game yang akan dibuat, pembentukan dan penentuan tokoh utama, story board, dan sebagainya

Pengertian Game
Game adalah sebuah hiburan yang menggunakan media elektronik, hiburan yang berbentuk multimedia yang dibuat semenarik mungkin agar pemain mendapatkan kepuasan batin. Bermain game merupakan salah satu sarana pembelajaran.

Jenis - jenis Game
RPG

RPG adalah salah satu game yang mengandung unsur experience atau leveling dalam gameplaynya. Para pemain biasanya diharuskan membuat atau menjadikan karakter seperti yang mereka inginkan. Story board dalam jenis game ini berdasarkan dengan jalan cerita yang sudah dibuat oleh pembuat game, dimana kita mengikuti jalur cerita hingga ending dari game tersebut. Namun terkadang ending dalam game yang menentukan adalah sang pemain itu sendiri.

Action RPG

Action RPG hampir sama dengan genre game RPG, namun dalam gameplay ini mengandung unsur Action / aksi yang lebih banyak dari pada RPG itu sendiri. Dimana dalam genre ini, pemain membutuhkan kemampuan dalam memainkannya.

Turn Base RPG

Hampir sama dengan game bergenre RPG namun cara memainkan permainan ini, pemain harus menunggu giliran untuk menjalankan karakter. Genre ini juga termasuk dalam game strategy, dimana pemain memikirkan keputusan dalam setiap tindakan yang ia ambil dalam menjalankan karakternya.

FPS

FPS adalah genre game dimana para pemainnya saling tembak menembak. Genre game ini memiliki ciri utama yaitu penggunaan sudut pandang orang pertama yang membuat kita dibelakang senjata.

RPS

RPS adalah salah satu genre terbaru dalam dunia game. Karena dalam RPS kita memainkan RPG layaknya game FPS dengan berbagai macam aksi dan tidak terpatok pada tembak menembak.

TPS

Third Person Shooter atau TPS adalah genre game yg mirip dengan FPS yaitu memiliki gameplay tembak menembak, hanya saja sudut pandang yg digunakan dalam game ini adalah sudut pandang orang ketiga.

Strategy

Sesuai dengan namanya, game bergenre strategy adalah genre game yg memiliki gameplay untuk mengatur suatu unit atau pasukan untuk menyerang markas musuh dalam rangka memenangkan permainan. Biasanya di dalam game Strategy, kita diharuskan membangun pasukan dari berbagai sumber daya yang diberikan seperti wood, gold, meat, dan lain sebagainya.

Simulasi

Adalah genre yang mementingkan realisme. Segala faktor pada game ini sangat diperhatikan agar semirip didunia nyata. Segala nilai, material, referensi, dan faktor lainnya didasarkan pada dunia nyata. Cara memainkannya juga berbeda, karena biasanya kontrol yang dimiliki cukup rumit. Genre simulasi meliputi game racing, flight, sampai militer.

Tycoon

Tycoon adalah jenis game dimana kita bertindak sebagai businessman yang menjalankan suatu usaha atau perusahaan dari nol. Obejctive utamanya adalah kita dituntut untuk mengelola bisnis yang kita miliki agar dapat laku di pasaran dan tidak boleh bangkrut.

Racing

Racing Game adalah genre game balapan yg memungkinkan kita untuk mengendalikan sebuah kendaraan untuk memenangkan sebuah pertandingan.

Action Adventure

Action Adventure adalah genre game petualangan dengan salah seorang karakter yg penuh dengan penuh aksi yg akan terus ada hingga game tersebut tamat.

Arcade

Arcade game adalah genre game yang tidak terfokus pada cerita dan bahkan hanya dimainkan “just for fun”.

Fighting

Fighting adalah genre game bertarung. Seperti dalam arcade, pemain dapat mengeluarkan jurus-jurus ampuh dalam pertarungannya (biasanya berupa serangan kombo atau jurus andalan tiap karakter). Genre fighting biasanya one vs one dalam sebuah arena yang sempit.

Sport

Adalah genre bertema permainan olahraga. Sistem permainan baik gameplay dan peraturannya akan berbeda-beda tergantung jenis olahraga yang menjadi tema game tersebut.

TEKNOLOGI GAME
Aspek Bisnis Dalam Game ( Bisnis Game Online ) Game online yaitu berbagai macam permainan komputer yang terhubung pada koneksi internet. Sehingga memungkinkan para players game online ini bisa saling berinteraksi dalam mode multiplayer. Game online merupakan jenis game yang saat ini banyak diminati banyak orang salah satu penyebabnya karena bisa berinteraksi dengan pemain lainnya. Banyaknya orang yang menyukai game online, menjanjikan keuntungan bagi para pebisnis di bidang game online ini.

3D engine adalah sistem perangkat lunak yang dibuat dan dirancang untuk menciptakan dan mengembangkan gambar 3D, fungsionalitas inti biasanya disediakan oleh mesin permainan mencakup mesin render (renderer) untuk 2D/3D grafis.

Berbeda dengan dukungan grafik 2D yang sudah built in, dukungan Java terhadap grafik 3D diletakkan ke dalam API terpisah, yakni Java3D. Java3D merupakan API 3D berbasis scene graph di platform Java, dimana scene graph merupakan sebuah pohon yang berisi hierarki data scene. Di dalam api Java3D didefinisikan sejumlah kelas dan interface yang menyediakan beragam operasi grafik 3D. Konsep scene graph merupakan inti dari Java3D. Sebuah scene graph merupakan g rafik yang mempresentasikan geometri, material, dan pencahayaan. Scene graph dimulai dari root dengan sebuah Virtual Universe dan mencakup transformasi serta geometri untuk mendefinisikan objek di dunia maya. Secara garis besar, ada tiga tahap fundamental yang diperlukan untuk menghasilkan objek 3D, yaitu: Menciptakan objek Canvas3D Menciptakan sebuah scene graph Menghubungkan objek Canvas3D ke objek BranchGroup yang menunjuk root dari scene graph


Ogre 3D

Objected-Oriented Graphics Rendering Engine atau bisa disingkat dengan OGRE merupakan engine yang object oriented & flexible 3D rendering pada game engine yang ditulis dengan menggunakan bahasa C++ serta didesain agar mampu men-developer dengan mudah kepada aplikasi produksi dengan menggunakan utility hardware-accelerated 3D graphic. Gambaran abstraknya OGRE menggunakan sistem library seperti Direct3D & OpenGL, serta menyediakan sebuah dasar interface di dunia objek dan class objek yang lebih tinggi.

OGRE hanya digunakan untuk me-render. Dengan kata lain, fitur OGRE hanya khusus menangani vector & matOix classes, memory handling, dan lain lain. Ini bukan lah salah satu dari semua solusi dalam istilah game development/simulasi. OGRE tidak menyediakan audio/physics support.

Walaupun penjelasan diatas bisa dikatakan sebagai kelemahan dari OGRE itu sendiri, akan tetapi semua itu sebanding dengan kemampuan grafis yang ada pada game engine tersebut. Kelebihan yang paling menonjol pada OGRE adalah graphics engine yang bisa memberikan para developer sebuah kebebasan untuk menggunakan physics apapun, input, audio, & library lainnya. OGRE memberikan para tim development untuk fokus pada graphics daripada beberapa sistem-sistem yang ada dalam game development. OGRE dapat mendupport OIS, SDL, CEGUI libraries. Sekarang ini OGRE adalah publish dibawah dua lisensi, yaitu LGPL & OUL. Maka sekarang ini para publish tersebut membuka OGRE sebagai free/open source software.

Fitur-fitur pada OGRE:

Desain yang object-oriented dengan menggunakan plugin untuk mempermudah memasukkan fitur lainnya
Engine berbasis scane graph dengan bantuan untuk sebuah varietas yang luas, octree, BSP, & paging landscape scene manager
Multi-platform dengan dukungan OpenGL & Direct 3D. Bisa me-render konten yang sama di beda platform tanpa harus mempunyai content creator. dapat diakses pada platform Linux, Mac OS, dan semua versi Windows
OGRE mendukung program vertex dan fragment selama ditulis dengan GLSH, HLSL, Cg, dan assembler
 The landscape scene manager untuk progressive LOD, yang mana bisa dibuat secara otomatis dan manual
Engine animasi yang men-support penuh untuk multiple hardware
Processing
Processing adalah bahasa pemrograman dan lingkungan pemrograman yang bersifat open source yang digunakan untuk memprogram gambar, animasi, dan interaksi. Processing digunakan untuk mengajarkan dasar-dasar pemrograman komputer dalam konteks rupa dan berfungsi sebagai buku sketsa perangkat lunak dan alat produksi profesional. Processing mengintegrasikan suatu bahasa pemrograman, lingkungan pemrograman, dan metodologi pengajaran ke dalam sistem terpadu. Processing merupakan suatu projek yang dinisiasi oleh Ben fry dan casey reas. Berkembang dari ide-ide yang dieksplorasi di Aesthetics and Computation Group (ACG) di Mit Media Lab. Projek ini kini terus diperbaiki dan dikelola oleh sejumlah Tim Voluntir.

Game Maker

Game Maker adalah software yang bisa membantu anda menjadi pengembang game komputer tanpa menggunakan coding sedikitpun. Dapat digunakan untuk membuat 3 dimensi dan Multiplayer. Game Maker dapat menjadikan hak penuh dari software (game) yang anda buat termasuk dapat menjual game tersebut, bahkan bisa mendownload musik, efek suara, gambar, script, serta background.

Unity 3D

Unity 3D adalah sebuah game developing software. Dengan software ini, kita bisa membuat game 3D yang seru. Game developer ini sangat mudah digunakan, dengan GUI yang memudahkan kita untuk membuat derta mengedit script untuk menciptakan sebuah game 3D. Selain bisa untuk build game PC, Unity juga dapat digunakan untuk membangun game console seperti Nintendo Wii, PS3, Xbox 360, juga Ipad, Iphone, dan Android. Namun masing-masing membutuhkan biaya lisensinya sendiri. Unity kurang lebih sama dengan Blender game engine, namun unity lebih ringan dan diintegrasi lebih dalam suasana grafik. Kelebihan Unity terdapat pada multiple platform, artinya banyak platform yang disupport oleh unity, seperti Windows, Mac, iPhone, iPad, Android, Nintendo Wii, dan juga browser. Untuk browser, kita memerlukan sebuah plug-in, yaitu Unity Web player, sama halnya dengan Flash Player pada browser. Pada unity, kita tidak bisa melakukan desain/modelling dikarenakan unity bukan tool untuk mendesain. Jadi jika kita ingin mendesain, dibutuhkan 3D editor lain seperti 3Dsmax atau Blender, kemudian kita export menjadi format .fbx.

sumber :
-http://dinyfr.blogspot.co.id/2013/10/3d-engine-dan-scene-graph_20.html
-https://laskyargiovane.wordpress.com/2016/03/28/aspek-teknologi-bisnis-dalam-game/
-http://senosu.blogspot.co.id/2012/10/konsep-dalam-membuat-sebuah-game.htmlhttps://www.kreasitekno.com/ini-dia-jenis-jenis-game-yang-wajib-kalian-ketahui-sebagai-gamer/
-http://bingbengbeng.blogspot.co.id/2017/03/game.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar