Rabu, 24 Mei 2017

Penampilan Grafik Scene dan UI dalam Game

Judul/Bab             : Penampilan Grafik Scene dan UI dalam Game ( Penulisan 7 )
Nama                   : Lutfianto Triatmojo
NPM                     : 56414183
Kelas                    : 3IA21
Mata Kuliah          : Pengantar Teknologi Game
Nama Dosen        : Syefani Rachma Deski


LOD pada Game




Level of Detail merupakan topik penting pada grafik komputer dikarenakan LOD merupakan salah satu kunci strategi optimasi yang dapat membantu video game untuk run lebih cepat dan smooth. Pada game 3d proses LOD diliputi dengan pengurangan kompleksitas masing - masing aset game 3d saat viewer dalam hal ini pemain menjauhi objek game tersebut.


Teknik - Teknik LOD



Berikut ini adalah macam - macam teknik LOD(-ding) :
Discrete Method
Continuos Method
Hierachical Method
Predictive Method

Antarmuka

Pengertian antarmuka (interface) adalah salah satu layanan yang disediakan sistem operasi sebagai sarana interaksi antara pengguna dengan sistem operasi. Antarmuka adalah komponen sistem operasi yang bersentuhan langsung dengan pengguna. Terdapat dua jenis antarmuka, yaitu Command Line Interface(CLI) dan Graphical User Interface(GUI).

Antarmuka pemakai (User Interface) merupakan mekanisme komunikasi antara pengguna (user) dengan sistem. Antarmuka pemakai (User Interface) dapat menerima informasi dari pengguna (user) dan memberikan informasi kepada pengguna (user) untuk membantu mengarahkan alur penelusuran masalah sampai ditemukan suatu solusi.


Command Line Interface(CLI)

CLI adalah tipe antarmuka dimana pengguna berinteraksi dengan sistem operasi melalui text-terminal. Pengguna menjalankan perintah dan program di sistem operasi tersebut dengan cara mengetikkan baris-baris tertentu.

Meskipun konsepnya sama, tiap-tiap sistem operasi memiliki nama atau istilah yang berbeda untuk CLI-nya. UNIX memberi nama CLI-nya sebagai bash, ash, ksh, dan lain sebagainya. Microsoft Disk Operating System (MS-DOS) memberi nama command.com atau Command Prompt. Sedangkan pada Windows Vista, Microsoft menamakannya PowerShell. Pengguna Linux mengenal CLI pada Linux sebagai terminal, sedangkan pada Apple namanya adalah commandshell.


Graphical User Interface(GUI)

GUI adalah tipe antarmuka yang digunakan oleh pengguna untuk berinteraksi dengan sistem operasi melalui gambar-gambar grafik, ikon, menu, dan menggunakan perangkat penunjuk ( pointing device) seperti mouse atau track ball. Elemen-elemen utama dari GUI bisa diringkas dalam konsep WIMP (window, icon, menu, pointing device).

User Interface pada game dapat disimpulkan sebagai penghubung atau mediator antar game dan pemain supaya pemain dapat mengoprasikan atau memainkan game tersebut. Pada umumnya User Interface pada game adalah Graphical User Interface.



Elemen User Interface pada game

User Interface atau Antarmuka Pengguna merupakan unsur penting dalam game. Desain User Interface dalam game melibatkan unsur tambahan fiksi. Fiksi melibatkan avatar dari pengguna yang sebenarnya, atau player. Pemain menjadi elemen tak terlihat, tapi kunci untuk cerita, seperti halnya narator dalam novel atau film. Fiksi ini dapat langsung dihubungkan ke UI, sebagian terkait, atau tidak sama sekali. Terdapat sebuah teori mengenai desain user interface game oleh Erik Fagerholt dan Magnus Lorentzon dari Chalmers University of Technology berjudul: Beyond the HUD (Head Up Display) – User Interfaces for Increased Player Immersion in FPS Games. Mereka memperkenalkan istilah untuk berbagai jenis interface tergantung pada bagaimana terkait dengan narasi dan geometri permainan mereka, di antara lain :



Diegetic
Elemen user interface yang diegetik ada dalam dunia permainan (fiksi dan geometris) sehingga pemain dan avatar dapat berinteraksi dengan mereka melalui visual, audible atau haptic.
Meta
Elemen UI tidak selamanya sesuai dalam geometri dari dunia permainan. Mereka masih dapat mempertahankan narasi permainan tapi duduk di hub plane 2D.
Spatial
Elemen Spasial UI digunakan ketika ada kebutuhan untuk memecahkan narasi dalam rangka untuk memberikan informasi lebih kepada pemain melebihi yang disadari karakter.
Non-Diegetic
Elemen ini memiliki kebebasan untuk benar-benar dihapus dari fiksi permainan dan geometri dan dapat mengadopsi pemakaian visual mereka sendiri, meskipun sering dipengaruhi oleh arah seni permainan.


Daftar Pustaka

https://nowitisappropriate.wordpress.com/2013/01/04/23/
http://caralengkap.com/2012/10/definisi-interfaceantar-muka-dan-contohnya.html
http://blog.gameartworkbook.com/game-art-theory/about-level-of-detail-lod-in-game/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar