Rabu, 24 Mei 2017

Penampilan Grafik Scene Game

Judul/Bab             : Penampilan Grafik Scene Game (TUGAS 7)
Nama                   : Lutfianto Triatmojo
NPM                     : 56414183
Kelas                    : 3IA21
Mata Kuliah          : Pengantar Teknologi Game
Nama Dosen        : Syefani Rachma Deski

Visibility

Visibility merupakan  tampilan grafik scene game pada komputer. Bagaimana sebuah game terlihat oleh user agar menarik dan berkualitas sehingga user menikmati game tersebut. 


Level of Detail (LOD)
Dalam komputer grafis, untuk tingkat detail melibatkan menurunkan kompleksitas representasi objek 3D seperti bergerak menjauh sesuai metriksnya, kecepatan sudut pandang-relatif atau posisi. Tingkat teknik detil meningkatkan efisiensi render dengan mengurangi beban kerja pada tahap pipa grafis, transformasi biasanya simpul. Kualitas visual berkurang dari model sering diperhatikan karena efek kecil pada objek muncul ketika jauh atau bergerak cepat.

Sedangkan untuk konsep menggambar LOD sebagian besar waktu LOD diterapkan untuk geometri rinci saja, konsep dasar bisa disamaratakan. Baru-baru ini, teknik LOD termasuk manajemen juga shader untuk tetap mengontrol kompleksitas pixel. Suatu bentuk tingkat manajemen detail telah diterapkan untuk tekstur selama bertahun-tahun, di bawah nama mipmapping, juga memberikan kualitas rendering yang lebih tinggi. Ini adalah hal yang lumrah untuk mengatakan bahwa "sebuah objek telah LOD'd" ketika objek disederhanakan oleh mendasari algoritma LOD-ing.


Terrain LOD
Terrain merupakan model yang sangat besar, membuat setiap pointnya secara eksplisit sangatlah tidak mungkin, maka metoda untuk mengotomatiskan pembangkitan terrain merupakan hal biasa. Ketika proses rendering, sebagian dari Terrain tertutup dan sebagian lain sangat jauh, oleh karena itu dikembangkanlah Terrain LOD algorithms. Terrain LOD itu sendiri menggunakan teknik Level of details (LOD) untuk mengontrol objek yang akan di-render. Teknik LOD mempunyai banyak jenis, salah satunya adalah Terrain LOD. Algoritma ROAM merupakan algoritma terrain LOD yang menggunakan top-down dengan struktur data binary triangel. Algoritma ROAM (real-time Optimally Adapting Meshes) sangat baik untuk diimplementasikan pada terrain yang tidak datar atau terrain yang bergelombang. Ukuran dari terrain tidak mempengaruhi jumlah poligon yang terbentuk. Namun semakin besar jumlah poligonnya, makaframe-Ratenya semakin kecil.


2 Game dengan Jalan Cerita dan Level yang menarik

1. Star Wars: Knight of the Old Republic

Star Wars: Knights of the Old Republic adalah game RPG yang dikembangkan oleh BioWare. Permainan ini memiliki setting waktu di Golden Age of the Republic, sekitar dari 4.000 tahun sebelum setting waktu dalam film Star Wars pertama.

Pemain berada tengah-tengah perang galaksi antara pihak Jedi dan Sith. Pada awal permainan, pemain dapat memilih dari tiga kelas dasar, dan kemudian dalam permainan ada tiga subclass Jedi yang dapat dipilih. Selain jalan cerita yang mengasyikkan (terutama bagi fans Star Wars), permainan ini juga memiliki dunia yang luas dengan ratusan misi untuk diselesaikan.  Tak hanya itu, ada pula berbagai makhluk luar angkasa yang aneh yang membuat permainan anda akan makin mengasyikkan.

Star Wars: Knights of the Old Republic telah menerima banyak penghargaan dan pujian dari kritikus dan berbagai media. Permainan ini dinobatkan sebagai Game of the Year dalam berbagai versi, bahkan majalah Time juga menobatkannya sebagai salah satu dari 100 video game terbaik sepanjang masa. 

2. Alpha Protocol

Alpha Protocol adalah game RPG yang disajikan dalam sudut pandang orang ketiga, dikembangkan oleh Obsidian Entertainment.

Pemain berperan sebagai Michael Thorton, seorang agen CIA. Selama bermain dan menyelesaikan berbagai misi, pemain akan mendapatkan Advancement Point yang dapat digunakan untuk menaikkan level salah satu dari sepuluh skill yang berbeda. Skill yang dipilih ini memungkinkan Thorton untuk menggunakan senjata tertentu dengan efisien, atau memiliki kemampuan khusus tertenu. Pemain juga dapat mengatur sendiri penampilan fisik Thorton, mulai dari warna kulit dan warna mata, tutup kepala dan gaya rambut.

Meskipun permainan ini dipuji karena memiliki konsep yang unik, ada banyak masalah teknis yang membuatnya tidak terlalu populer dibandingkan serial lain seperti Mass Effects. Hal ini cukup disayangkan, karena jalan cerita dalam Alpha Protocol sangatlah dramatis dan indah.  Semoga saja kelak sekuel dari game ini bisa disajikan dengan lebih sempurna.


sumber:
http://gamerunityok.blogspot.co.id/2016/05/6-game-action-rpg-dengan-jalan-cerita.html
http://eituzed.blogspot.co.id/2015/04/penampilan-grafik-scene-game-komputer.html
http://farizkiridwan.blogspot.co.id/2013/07/visibility-pengantar-teknologi-game.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar